Sutias Dilantik Jadi Ketua Gerakan Minat Baca

Sutias Dilantik Jadi Ketua Gerakan Minat Baca
PKSMEDAN.com - Hj Sutias Handayani dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara oleh Ketua Umum GPMB Bambang Supriyo Utomo, Selasa (4/8) di aula Perpustakaan Digital Unimed Jalan Williem Iskandar.

Sutias dilantik bersama dengan unsur pengurus lainnya dalam sebuah acara yang dilanjutkan dengan menjadi narasumber. Hadir pada acara tersebut Ketua Umum GPMB Bambang Supriyo Utomo,
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sumatera Utara Hasagapan  Tambunan dan lembaga diantara lain tokoh masyarakat, pemerhati pembaca masyarakat, taman baca.

Dalam sambutannya Sutias mengajak para orangtua untuk memberikan waktu mendampingi anak-anak membaca buku. “Keluarga menjadi pembentukan kebiasaan-kebiasaan baik, salah satunya membaca. Peranan orangtua sangat penting dalam membentuk kebiaasaan positif,” ujar Sutias.

Hj Sutias Handayani mengatakan gerakan minat baca buku awal kemajuan suatu bangsa. Menurut Sutias, gerakan membaca merupakan kegiatan butuh waktu lama mulai 5 hingga 20 tahun. Tetapi gerakan ini adalah investasi untuk kemajuan suatu bangsa. "Semangat besar kemampuan untuk membangun Sumut dari membaca. Karena kita tidak hanya  dapat menambah pengetahuan,' 'jelasnya.

Maka untuk menambahkan minat baca tak hanya dilakukan mulai ke kecil dan hingga usia senja. Untuk memaksimalkan gerakan membaca dalam waktu dekat pengurus GPMB Sumut akan turun ke daerah untuk memotivas masyarakat cinta akan baca buku.

Hal senada juga dikatakan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sumatera Utara Hasangapan  Tambunan bahwa gerakan minat baca, adalah pekerjaan mulia karena kuliah 6 tahun ijazah, tapi pekerjaan ini investasi 10 sampai 20 tahun dan hasilnya dapat merubah suatu bangsa.
Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumut melalui BPAD Sumut mendukung penuh setiap kegiatan GPMB, yang bertujuan memotivasi masyarakat gemar membaca. Kendati dewasa ini marakan gedget yang mempermudah masyarakat untuk memperoleh bahan bacaan tanpa harus membuka buku. Hasangapan tetap yakin buku tetap dibutuhkan karena tidak semua ada di fasilitas gadget. "Untuk kebutuhan literatur tetap saja buku dibutuhkan, meski memiliki gedget tapi tetap saja buku dibutuhkan sebagai reperensi bahan bacaan.

Pada kesempatan itu Ketua Umum GPMB Bambang Supriyo Utomo mengukuhkan Pengurus Daerah GPMB Sumut terdiri dari Ketua Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Ketua 1 Ridwan Siregar, Ketua II Shafwan Hadi, Sekretaris Ratnawati Dora, Sekretaris 1 Jojor Sitorus, Sekretaris II Tessa Simahate, Bendahara Siti Endah Maria.

Lebih lanjut untuk memaksimalkan kinerja  GPMB dibentuk sejumlah komisi terdiri dari komisi organisasi dan keanggotaan, komisi dana dan umum, komisi humas, publikasi dan dokumentasi, komisi pendidikan, pelatihan dan promosi minat baca serta komisi kerjasama pengembangan dan pengkajian gemar membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sutias Dilantik Jadi Ketua Gerakan Minat Baca"

Post a Comment