Jelang PON Ke-21, Sumbar Bangun Stadion Utama

Jelang PON Ke-21, Sumbar Bangun Stadion Utama
PKSMEDAN.com - Pembangunan Stadion Utama Sumatera Barat (Sumbar) untuk Pekan Olahraga Nasional ke-21 tahun 2024 mulai dikerjakan. Stadion tersebut berkapasitas tempat duduk 40.000 penonton. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan pembangunan (ground breaking) stadion di Nagari Sikabu, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Kamis (6/8). 
 
“Kawasan stadion utama seluas 38.5 hektar ini menghabiskan dana Rp800 miliar. Proyek akan dikerjakan secara multi years melalui APBD Sumbar. Tahap awal pembangunan untuk pekerjaan land clearing lokasi sebelum dimulai pembangunan secara keseluruhan, dananya dianggarkan sebesar Rp18 miliar,” kata Irwan.
Irwan menjelaskan pembangunan stadion bertujuan mewujudkan ambisi dan semangat Sumbar menjadi tuan rumah PON ke 21 tahun 2024, sekaligus mengembangkan potensi olahraga di ranah minang. Selain membangun stadion utama, Pemprov Sumbar juga membagi peran dan tugas dengan pemerintah kabupaten/kota.
“Tugas dan peran pemerintah ialah saling mendukung membangun sarana dan prasarana pendukung olahraga di daerah masing-masing, seperti sarana olahraga untuk renang,” ujarnya.
Perlu diketahui, stadion yang dirancang sebagai lokasi utama pelak­sanaan PON 2024 Sumbar tersebut didesain separuh tertutup, untuk menyesuaikan kondisi wilayah Pa­dang Pariaman yang rawan gempa. Selain itu, Stadion Utama Sumbar juga dirancang berskala internasional sesuai standar organisasi olahraga dunia, FIFA. Stadion dilengkapi sarana dan prasarana 4 gedung olah­raga, danau buatan untuk olahraga air, serta satu bukit untuk olahraga sepeda gunung. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang PON Ke-21, Sumbar Bangun Stadion Utama"

Post a Comment