Walikota Medan Didesak Segara Tetapkan Kepala SDN Definitif

Walikota-Medan-Segara-Tetapkan-Kepala-SDN-Definitif
MEDAN – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan H. Jumadi SPdI mendesak Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin S. MSi untuk segera melakukan rekrutmen sekaligus melantik kepala sekolah dasar negri (SDN) di Kota Medan definitif.

Karena sampai hari ini sejumlah SDN di Kota Medan hanya dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) kepala sekolah (Kepsek), sehingga sangat tidak efektif, sebab gerak langkah seorang Plt sangat tebatas, tidak bisa mengambil kebijakan.

“Tugas dan funsi Kepsek sangat berdampak kepada perkembangan pendidikan di sekolah tempat dia mengajar, sehingga apabila sekolah tidak ada kepseknya  akan terkendala kepada proses belajar mengajar,”ujar Jumadi di Medan.

Yang jadi pertanyaan lanjut Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan ini, apakah ketiadaan Kepsek ini bagian dari rendahnya Sumber Daya Manisia (SDM) guru-guru yang ada, sehingga Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam hal ini Dinas Pendidikan merasa kesulitan mencari sosok yang tetap untuk dijadikan sebagai Kepsek ?.

“Atau ada faktor-faktor lain, karena isunya untuk menjadi kepala SDN saja harus mengeluarkan sejumlah uang, meskipun isu ini sulit  dibuktikan, namun fakta ini tidak bisa dipungkiri, bahkan bukan sebuah rahasia umum lagi,”ujarnya.

Sebab banyak guru baik dari masa kerja, pengalaman dan pangkat yang sudah mampuni dan pantas untuk dijadikan sebagai Kepsek, namun nyatanya sampai hari ini banyak SDN di Kota Medan yang belum memiliki Kepsek definitif. Ada istilah naik tangga, naik live dan pakai sayap,tugasnya.

Untuk itu diminta kepada Walikota Medan segara mengangkat Kapala SDN ini secara definitif, sebab kalau Pemko punya komitmen untuk memajukan dunia pendidikan, jangan biarkan persoalan ini berlarut-larut, karena sebuah sekolah tanpa memiliki Kepsek sangat berdampak.

Rangkap jabatan Kepsek sangat tidak efektif, bagaimana dia bisa membagi waktunya dengan memimpin dua sekolah sekaligus, apalagi sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional, tukas Jumadi.

“Maju mundurnya sebuah sekolah tergantung dari Kepseknya, sehingga apabila ada sekolah yang tidak memiliki Kepsek dapat dipastikan, lembaga pendidikan tersebut hanya jalan ditempat, karena Plt tidak bisa membuat kebijakan apalagi menyangkut anggaran,”tandas Jumadi.

Untuk dikatuhi sejumlah SDN di Kota Medan tidak memiliki Kepala Sekokah secara devinitif diantaranya SDN 0640140, Plt Kepsek Murdin Tamba, SDN 060833 Plt Sabar Pandiangan, dan sejumlah SDN lainya di Medan yang hanya dipimpil Plt Kepsek.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Walikota Medan Didesak Segara Tetapkan Kepala SDN Definitif"

Post a Comment