Berbaur dengan Orang Tua Lain, Gatot dan Istri Dampingi Afifah Wisuda

Gubsu-Gatot-Istri-Dampingi-Afifah-Wisuda
MEDAN – Afifah yang duduk besama 847 wisudawan/wisudawati tampak sumringah saat diliriknya sang ayah, H Gatot Pujo Nugroho ST, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) bersama istri Hj Sutias Handayani melenggang masuk ke Auditorium Universitas Sumatera Utara, Selasa (24/2/2015).
Hari ini, putri sulung Gubernur sampai di puncak pendidikannya di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi yang saat itu mengenakan jas hitam, seperti kebanyakan para orang tua wisudawan yang hadir, terlihat tenang saat duduk di deretan bangku undangan berbaur dengan  orang tua yang lain.

Putri Gubsu bernama lengkap Afifah Radhiyatullah, tercatat menyelesaikan studinya pada 6 November 2014. Gadis dengan tinggi 157 cm itu tamat dengan melahirkan skripsi berjudul Pengaruh Berat Pati dan Volume Plasticizer Gliserol terhadap Karakteristik Film Plastik Pati Kentang. Pada kesempatan itu, tidak ada pidato atau kata sambutan seperti yang hampir setiap hari dilakukan Gatot Pujo Nugroho.

Bagi Gubsu, kehadirannya di Auditorium USU sejak pukul 07.00 WIB adalah khusus untuk mendamping sang putri tercinta menjalani seremoni pemberian gelar Sarjana Teknik. Dan Gubsu meyakini, bukan saja baginya, mendampingi anak mendapatkan gelar kesarjanaan pasti menjadi kebanggaan bagi setiap orang tua. Terlebih di sebuah perguruan tinggi yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Sumatera Utara.

Upacara Wisuda Lulusan Universitas Sumatera Utara Periode II Tahun Akademik 2014/2015 dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini Selasa 24 Pebruari dan akan dilanjutkan pada hari Rabu 25 Pebruari 2015.

Pada periode ini selama 2 (dua) hari berturut-turut akan diwisuda sebanyak 1.760 orang wisudawan/wisudawati yang telah merampungkan pendidikannya di Universitas Sumatera Utara antara bulan Nopember 2014 hingga Januari 2015.

Lulusan ini terdiri atas 252 orang lulusan Program Pascasarjana, 17 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 64 orang Program Pendidikan Spesialis, 34 orang Program Dokter Jenjang Magister, 217 Orang Pendidikan Profesi, 1.078 orang dari Program Sarjana dan 98 orang Program Diploma.

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc,(CTM), Sp.A (K) dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai institusi dengan visi “Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”, peran dan tanggung jawab Universitas Sumatera Utara menjadi begitu penting. Hal ini, lanjutnya tidak hanya berkaitan dengan proses akademik dalam menghasilkan lulusan, namun juga berkaitan dengan mutu siswa yang akan diterima melalui seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri.

Sebagaimana, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Nomor 2 Tahun 2015, merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dimana Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu diantaranya.

Berdasarkan ketentuan ini, maka siswa yang akan mengikuti seleksi dan dapat diterima menjadi calon mahasiswa baru, adalah “siswa SMA sederajat”  yang duduk dikelas terakhir, yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan penerimaan. “Atas ketetapan ini pula, USU akan menerima paling sedikit 50% mahasiswa baru pada setiap program studi dari jumlah alokasi daya tampung yang tersedia di universitas ini,” ujarnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Panitia Nasional, maka pelaksanaan SNMPTN 2015 telah berlangsung, dan sejak tanggal 22 Januari hingga 12 Maret 2015 telah memasuki tahapan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dan selanjutnya akan diikuti dengan proses Pendaftaran pada 13 Pebruari hingga 15 Maret, dan hasil seleksi SNMPTN ini, dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 9 Mei 2015 yang akan datang.

Harapan bagi seluruh PTN atau dalam hal ini USU, bahwa dengan model seleksi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut, maka USU akan mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas, baik atas dasar nilai rapor, maupun prestasi akademik lainnya, dan termasuk atas perhitungan rekam jejak kinerja sekolah sebagaimana rambu-rambu kriteria dalam seleksi nasional.

Dengan demikian, siswa-siswi lulusan SMA sederajat yang akan menjadi mahasiswa atau peserta “didik” di Universitas Sumatera Utara adalah putra-putri yang diyakini telah memenuhi standar kemampuan belajar yang baik. Dengan bekal ini, tentu akan berdampak pada lulusan USU yang juga memiliki kemampuan dan kompetensi akademik yang baik pula, sebagaimana para lulusan Universitas Sumatera Utara yang berada ditengah kita untuk mengikuti upacara wisuda pada hari yang berbahagia ini.

“Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, pada hari ini kami lepas saudara/saudari sebagai putra/putri terbaik lulusan Universitas Sumatera Utara dan dengan iringan do’a Semoga anda mendapatkan kesuksesan dan dengan selalu mengingat almamater Universitas Sumatera Utara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Selanjutnya, dia juga mengingatkan, agar jangan cepat merasa puas terhadap apa yang telah diraih pada hari ini. Teruslah bekerja keras, dan bila memungkinkan tingkatkan kualifikasi anda ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Sumber : dnaberita.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Berbaur dengan Orang Tua Lain, Gatot dan Istri Dampingi Afifah Wisuda"