Aleg PKS Dapil Sumut 2 Ini Kunjungi dan Santuni Korban Banjir Bandang Tapanuli Tengah

Aleg PKS Dapil Sumut 2 Ini Kunjungi dan Santuni Korban Banjir Bandang Tapanuli Tengah
PKSMEDAN.com - Wakil ketua komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mengunjungi dan menyantuni korban bencana banjir di Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu ( 30/11).

Dalam kunjungan itu, Iskan mengaku turut prihatin seraya mengajak para korban bencana untuk tetap bersabar, tidak bersedih, dan tetap semangat melanjutkan kehidupan selanjutnya.

“Jangan terlalu bersedih, semoga kita bisa bersabar dan mengambil hikmah dari bencana banjir ini. Bagaimana pun kita selama ini dianugerahi alam yang begitu indah, namun melupakan bahwa di balik keindahan itu, tersimpan bencana besar jika tidak dijaga dengan benar,” tutur Iskan di tengah para korban duka.

Diketahui, pada Sabtu malam (26/11), di Kabupaten Tapanuli Tengah terjadi banjir di sebanyak 4 (empat) titik. Banjir terparah terjadi di Kecamatan Sibabangun karena meluapnya Sungai Hutagurgur yang menghanyutkan 7 unit rumah semi permanen yang dihuni sebanyak 13 kepala keluarga.

Banjir juga terjadi di Kecamatan Sarudik, karena luapan air Sungai Sibuluan di daerah Kelurahan Sibuluan Nalambok, yang mengakibatkan 1 unit rumah semi permanen hancur total diterjang banjir.

Selain Kecamatan Sarudik, di Kecamatan Pandan, banjir meluas di tiga titik, yaitu Kelurahan Sibuluan Nauli, Kelurahan Sibuluan Raya dan Simpang Perdagangan Kelurahan Lubuk Tukko Induk.

Selain itu, di Kecamatan Kolang juga terkena dampak banjir, bahkan banjir hingga mengenai bahu jalan. Hanya saja warga sudah mengungsi terlebih dahulu dan tidak terkendala sama sekali.

Melihat kondisi naas ini, Wakil Rakyat PKS dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara II ini juga berharap agar dilakukan normalisasi sungai serta mengalihkan aliran sungai agar tidak melewati perkampungan penduduk.

“Membenahi sungai dengan melakukan pelebaran dan pengalihan aliran sungai bisa menjadi salah satu solusi mengatasi banjir,” jelas Iskan.

Iskan juga mengatakan bahwa DPR bersama BNPB akan terus berupaya menjadi yang terdepan  dalam menangani setiap bencana yang terjadi di Masyarakat,  serta mencari jalan keluar agar bencana tidak terulang kembali,” tambah Iskan.

Dalam kunjungan itu, hadir pula perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sekaligus menyampaikan bantuan kemanusiaan berupa lauk pauk, tambahan gizi, tenda, tikar, serta dana untuk para pengungsi.[pks.id]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aleg PKS Dapil Sumut 2 Ini Kunjungi dan Santuni Korban Banjir Bandang Tapanuli Tengah"

Post a Comment