Abdul Gani Gagas Maluku Utara Pintar

Gubernur-Abdul-Gani-Gagas-Maluku-Utara-Pintar
Maluku Utara - Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba menggagas pelaksanaan program Malut Pintar sebagai salah satu terobosan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini melalui bidang pendidikan.

"Kalau selama ini kita mendengar ada program Indonesia Pintar maka nantinya akan dikenal pula program Malut Pintar," katanya pada penyerahan ijazah 87 lulusan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Terate di Ternate, Sabtu (14/3).

Menurut Gubernur, program Malut Pintar yang kini dalam tahap penyiapan konsep ini nantinya akan difokuskan pada kegiatan penyebaran tenaga guru yang direkrut dari para sarjana ke seluruh sekolah di pelosok Malut, terutama yang kekurangan guru.

Salah satu masalah utama dalam peningkatan kualitas SDM di Malut melalui bidang pendidikan selama ini, kata Abdul Gani Kasuba, adalah terbatasnya tenaga guru berkualitas, oleh karena itu melalui program Malut Pintar tersebut diharapkan masalah itu bisa teratasi.

Ia mengatakan, terobosan lain yang dilakukannya untuk meningkatkan SDM di Malut adalah melalui program Rp100 miliar untuk pendidikan tinggi, yang mulai dilaksanakan pada tahun anggaran 2015 ini, namun yang diakomodir dalam APBD baru Rp56 miliar sedangkan sisanya diupayakan pada APBD perubahan.

Program Rp100 miliar untuk pendidikan tinggi tersebut, menurut Gubernur Abdul Gani Kasuba, diprioritaskan untuk beasiswa bagi para mahasiswa jenjang S1, S2 dan S3 serta untuk pembangunan fisik, misalnya pengadaan laboratorium.

"Saya melaksanakan program Rp100 miliar untuk pendidikan tinggi tersebut karena saya mengetahui persis banya putra-putri Malut yang pintar, tetapi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, apalagi ke jenjang S2 dan S3 tidak sanggup," ujarnya.

Ia berharap, melalui program itu di Malut akan bermunculan SDM berkualitas, yang pada gilirannya akan berkontribusi bagi kemajuan pembangunan di Malut, termasuk dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Abdul Gani Gagas Maluku Utara Pintar"

Post a Comment