Permudah Akses Informasi, Dinas Kebakaran Disarankan Buat Aplikasi


PKS MEDAN - Kerap terjadi kebakaran di Kota Medan, menjadi celah bagi masyarakat untuk mendukung kinerja Dinas Pencegah Pemadaman Kebakaran (DP2K). Memanfaatkan Information Technologi (IT) seharusnya menjadi perhatian DP2K untuk menciptakan program (aplikasi) yang dapat memudahkan masyarakat memberikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat. 

"Saya mengusulkan kedepan agar Dinas Pemadam Kebakaran memanfaatkan IT untuk mempermudah masyarakat menyampaikan dan menerima informasi," jelas Anggota Komisi IV DPRD Medan Syaiful Ramadhan dalam rapat dengar pendapat dengan Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran yang dipimpin Ketua Komisi IV, Paul Anton Mei Simanjuntak, Selasa (3/11/2019).

Syaiful meminta DP2K mencontoh BMKG dalam menerapkan aplikasi ini, dimana masyarakat terbantu dengan informasi gempa yang up date.

"Seperti halnya BMKG, masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait gempa dengan cepat. Begitu juga dengan Dinas Pemadam ini, kita menginginkan warga memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan informasi terkait kebakaran di wilayahnya," jelas Syaiful.

Dengan mudahnya pelaporan ini, Dinas Pemadam Kebalaran juga diharapkan terbantu dan cepat dalam memberikan pertolongan kepada warga.

"Ini yang kita harapkan, teknologi bisa dimanfaatkan untuk menunjang kerja di masyarakat," sambung Syaiful.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas DP2K Albon Sidauruk menyampaikan terimakasih atas dukungan DPRD Medan terkait program IT ini.

"Untuk IT, saya sampaikan terimakasih atas dukungannya. Jika tidak ada halangan tahun depan kita akan melaunching e-damkar di ulang tahun ke  101 tahun e-damkar," jelasnya.

Dalam e-Damkar ini, masyarakat bisa mendownloadnya langsung dari play store. Dalam aplikasi itu nantiny akan memberikan informasi, sosialisasi. "Mudah mudahan tidak ada kendala dianggaran. Maret 2020 dilaunching," pungkas Albon.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Permudah Akses Informasi, Dinas Kebakaran Disarankan Buat Aplikasi"

Post a Comment