Eks Dubes RI Ajari Kader PKS Pergaulan Internasional

Eks Dubes RI Ajari Kader PKS Pergaulan Internasional
PKSMEDAN.com - Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengundang mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, Djoko Hardono dalam acara 'Pelatihan Diplomasi Internasional bagi Kader-Kader Luar Negeri PKS' di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Ketua BPPLN, Taufik Ramlan menjelaskan alasan pihaknya mengundang Djoko Hardono sebagai pembicara karena pengalamannya dalam bidang protokoler dan pergaulan internasional tidak diragukan lagi.

“Di luar negeri kader-kader PKS akan berhubungan dengan berbagai macam pihak, baik dengan kalangan politisi, akademisi, media, NGO, dan sebagainya. Oleh karena itu, kami di BPPLN memandang mereka perlu diberi pembekalan dengan serius. Dan insya Allah Pak Djoko dapat membagi pengalamannya yang berharga sebagai mantan duta besar kepada kader-kader kami,” ujar Taufik.

Dalam acara yang dihadiri 40 orang kader PKS dari 22 negara tersebut Djoko memaparkan tentang keprotokoleran negara dan etika pergaulan internasional. Djoko menilai masalah keprotokoleran menjadi hal yang perlu dipelajari karena sangat sensitif.

“Karena kalau sudah di lapangan, masalah keprotokoleran itu akan sangat terasa sekali. Tamu kita bisa saja langsung pergi meninggalkan acara kalau merasa posisi duduk dia tidak tepat. Jadi memang harus dipelajari,” terang Djoko.

Pria kelahiran Malang ini juga memaparkan perbedaan budaya di berbagai negara yang harus diketahui untuk dapat bergaul dengan baik secara internasional.

“Kalau di Asia Timur, ketika makan makanan yang berkuah harus sampai mengeluarkan bunyi untuk menghormati. Kalau di Timur Tengah makanan utama baru disajikan lepas jam dua belas malam. Kebiasaan seperti ini yang harus kita perhatikan agar kita mudah beradaptasi dalam pergaulan internasional,” jelasnya.

Pelatihan ini diadakan agar kader-kader PKS di luar negeri mendapatkan pembekalan yang serius sehingga tidak hanya membawa misi partai, tetapi juga mengambil peran fungsional sebagai duta bangsa dalam kerja-kerja diplomasi dan hubungan internasional. [Humas DPP PKS]

Keterangan Foto: Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, Djoko Hardono saat menjadi pembicara dalam 'Pelatihan Diplomasi Internasional bagi Kader-Kader Luar Negeri PKS' di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eks Dubes RI Ajari Kader PKS Pergaulan Internasional"

Post a Comment