Ini Pandangan Umum Fraksi PKS DPRD Kota Medan Tentang RA-P.APBD T.A 2015

Ini Pandangan Umum Fraksi PKS DPRD Kota Medan Tentang RA-P.APBD T.A 2015
PKSMEDAN.com - Menjawab usulan Plh Walikota Medan Syaiful Bahri terhadap Ranperda Kota Medan Tentang Rancangan Perubahan APBD  Kota Medan Tahun Anggaran 2015. Fraksi PKS menyampaikan pemandangan umumnya yang diwakilkan oleh Jumadi sebagai juru bicara, selasa (11/8/15) di ruang paripurna DPRD Kota Medan.

Adapun isi pemandangan umum fraksi PKS DPRD Kota Medan adalah sebagai berikut :

Sebagai rasa syukur kepada allah swt atas segala rahmat dan kenikmatan yang telah diberikan, sudah sepantasnya kita semakin mendekatkan diri kepada allah swt dengan memperbanyak amal dan meningkatkan ketaqwaan disisi-nya. Selanjutnya, rasa syukur itu tercermin dalam tindakan sehari – hari sesuai dengan tugas dan fungsi serta kemampuan kita masing – masing. Sehingga allah swt senantiasa mencurahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua.

Kepada pimpinan dprd kota medan, kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada fraksi pks untuk membacakan pemandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang rancangan perubahan apbd kota medan tahun anggaran 2015 yang diajukan oleh pemerintah kota medan.

Sidang dewan yang terhormat,

Mengawali pemandangan umum ini kami akan menyampaikan masa bahwa pendaftaran pemilihan walikota medan periode 2015 – 2020 telah berakhir dan sesuaipendaftaran pemilukada kota medan akan diikuti oleh dua pasangan calon yaitu dzulmi eldin – akhyar nasution dan ramadhan pohan – edi kusuma. Kami sangat mengapresiasi atas pencalonan kedua pasangan ini sehingga terhindar dari calon tunggal yang dapat menghambat proses pemilihan kepala daerah.  Kami berharap keduanya dapat bersaing secara sehat dan wajar tanpa black campaign. Kami juga meminta kepada kpu kota medan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai prinsip akuntable dan transparan. Semoga pemilukada kota medan dapat berjalan dengan jurdil, aman dan damai.

Kemudian, dalam beberapa hari kedepan negara kesatuan republik indonesia akan berusia 70 tahun kemerdekaan. Fraksi pks mengucapkan dirgahayu 70 tahun republik indonesia pada tanggal 17 agustus 2015, semoga bangsa indonesia menjadi bangsa yang kuat, Maju modern dan religius serta mampu mewariskan negeri yang baldatun toyyibatun warbbun ghofur bagi generasi yang akan datang, khususnya bagi kota medan yang tercinta.

Selanjutnya, kami sangat kecewa atas penambahan kelas siluman yang terjadi di sma 5 medan untuk menampung siswa sisipan. Praktek seperti ini sangat tidak sesuai dengan prinsip – prinsip dalam dunia pendidikan. Bahkan diduga juga telah terjadi kutipan hingga juttaan rupiah agar bisa masuk menjadi siswa sma 5 medan. Padahal anggaran ppdb sudah dianggarkan dalam apbd kota medan. Dari awal kami sudah menyampaikan bahwa proses pendaftaran peserta didik baru tidak memiliki konsep yang jelas dan berpeluang diselewengkan. Bertambahnya jumlah siswa akan berdampak pada penggunaan ruang kelas. Oleh karena itu, kami minta agar persoalan ini diusut tuntas, dan pihak – pihak yang melanggar peraturan harus diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, kami melihat bahwa kondisi truk sampah di kota medan banyak yang sudah harus diremajakan karena kondisinya sudah kurang layak pakai padahal mengangkut sampah di kota medan hingga ribuan ton diperlukan armada yang sehat. Namun, kami juga menyayangkan karena laporan yang kami terima bahwa ada oknum supir truk sampah yang membebankan biaya perbaikan truk sampah kepada pengutip sampah swadaya. Padahal biaya perawatan kendaraan truk sampah menjadi tanggung jawab dinas kebersihan. Kami menilai hal ini harus dihentikan dan oleh karena itu, kami minta klarifikasinya.

Sidang dewan yang terhormat, 

Sesuai dengan rancangan perubahan apbd kota medan tahun 2015, struktur apbd kota medan adalah sebagai berikut :

1.Pendapatan bertambah 411, 02 milyar rupiah (8,78%) menjadi 5,09 trilyun rupiah lebih.

2.Belanja bertambah 589,78 milyar rupiah (12,09%)  menjadi 5,46 trilyun rupian lebih

3.Penerimaan pembiayaan bertambah 168,75 milyar rupiah (76,68%) menjadi 388,85 milyar rupiah

4.Pengeluaran pembiayaan berkurang 10 milyar rupiah (40%) menjadi 15 milyar rupiah

Berdasarkan data tersebut dan berdasarkan dokumen perubahan apbd yang kami terima, point –point yang menjadi pembahasan kami adalah sebagai berikut :

A.Pendapatan

1.Kenaikan pendapatan tahun ini dua kali lebih besar daripada tahun tahun lalu yang hanya sebesar 235 milyar. Kenaikan ini kami nilai positif. Namun yang perlu kami ingatkan adalah pertambahan pendapatan ini harus diprioritas untuk melaksanakan program kesejahteraan dan infrastruktur kota medan sehingga bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi kota medan. Kami menolak jika pertambahan pendapatan anggaran ini dipergunakan untuk program – program yang bersifat seremonial belaka.

2.Kenaikan juga terjadi pada pos pajak reklame sebesar 5 milyar rupiah. Kami mempertanyakan dari sumber pertambahan pendapatan ini, karena selama ini dinas trtb selalu mengeluh atas banyaknya pajak reklame yang tidak memiliki izin dan atau sudah habis masa izinnya. Mohon penjelasannya.

3.Dari pos retribusi, kami mengapresiasi pertambahan target pendapatan dari retribusi imb sebesar 30 milyar rupiah ditengah keleseuan ekonomi secara nasional terutama dibidang property. Semoga saja target ini bukan target yang muluk – muluk dan jauh dari kesan pencitraan.

4.Tiga perusahaan daerah kota medan masih juga belum menunjukkan kinerja yang positif. Hanya pd. Pasar yang mampu memberikan pad untuk kas daerah kota medan yaitu sebesar 1,5 milyar rupiah. Jumlah ini kami nilai sangatlah kecil dibandingkan dengan jumlah pasar yang dikelola oleh pd. Pasar. Sedangkan pd. Rumah potong hewan dan pd. Pembangunan tetap saja belum mampu memberikan keuntungan sama sekali untuk pad kota medan. Kinerja ini tentu sangat mengecewakan dan kami minta agar jajaran direksi perusahaan daerah kota medan dievaluasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Kami  minta tanggapannya.

B.Belanja

Anggaran belanja diproyeksikan naik sebesar 587,78 milyar rupiah dengan strukutr pengalokasian yaitu 157,36 milyar rupiah untuk belanja tidak langsung dan 432,42 milyar rupiah untuk belanja langsung. Artinya 73,31 persen pertambahan anggaran belanja daerah kota medan akan dialoaksikan untuk belanja langsung yang terdiri dari belanja barang dan jasa sebesar 135,71 milyar dan belanja modal sebesar 269,34 milyar. Atas postur perubahan apbd ini kami sangat mendukung sekali karena sebagian besar anggaran diperuntukan pada program infrastruktur yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota medan pada sisa masa anggaran tahun 2015 ini. Dari postur belanja pada perubahan apbd kota medan tahun 2015 kami meminta penjelasan pemerintah kota medan tentang permasalahan yang mendesak  dalam pembangunan kota medan pada tahun 2015 sebagaimana yang disebut dalam nota keuangan rancangan perubahan apbd kota medan  pada halaman 34 yang kemudian dijadikan prioritas dalam perubahan anggaran tahun 2015.

Sidang dewan yang terhormat,

Demikianlah pemandangan umum fraksi pks dprd kota medan tentang ranperda  perubahan apbd kota medan tahun 2015 ini kami sampaikan. Semoga pemko medan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan – pertanyaan dan masukan kami diatas. Jawaban dan penjelasan tersebut akan menjadi dasar kami melakukan pembahasan nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Pandangan Umum Fraksi PKS DPRD Kota Medan Tentang RA-P.APBD T.A 2015"

Post a Comment