Gubsu Ziarahi Makam Sisingamangaraja XII

pksmedan.com-Gubsu-Ziarahi-Makam-Sisingamangaraja
BAKKARA – Gubenur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si mengunjungi istana dan makam Raja Sisingamangaraja XII yang terletak di lembah Bakkara Kecamatan Bhaktiraja Kabupaten Humbanghasundutan, Sabtu (11/4/2015).

Kehadiran Gubernur yang disambut tokoh adat masyarakat setempat adalah bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara yang ke 67 pada 14 April mendatanng.

Di hadapan makam Pahlawan Nasional Sisingangaraja XII, Gubenur mengajak ratusan hadirin untuk mengheningkan cipta dan berdoa bagi Raja Batak tersebut. Selama beberapa menit, ratusan peserta Geobike Caldera Toba dan pejabat setempat mendundukkan kepala bagi tokoh yang sepanjang hidupnya berjuang melawan penjajahan Belanda tersebut.

Gubernur mengakui ini kali pertama berkesempatan mengunjungi Istana SIsingamangaraja yang merupakan salah satu objek wisata sejarah dan wisata ziarah bagi kebanyakan suku Batak. “Ini adalah tanah kelahiran Raja Sisingamangaraja yang merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Kehadirian kami ke Istana dan Makam Sisingamangaraja XII adalah wujud penghormatan kepada leluhur Sumatera Utara yang selama ini sudah begitu berjasa,” ujar Gatot.

Gatot mengatakan bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun Provinsi ke 67, maka ziarah ini menjadi sangat stratgeis dalam  upaya membawa kembali spirit perjuangan Sisingamangaraja XII ke masa kini. “Jika dahulu Raja Sisingamangaraja XII bertempur secara fisik menggunakan senjata, saat ini spirit beliau hendaknya bisa kita tiru dan terapkan dalam mengatasi berbagai tantangan dan persoalan pembangunan,” ujarnya.

Gubernur menyinggahi Istana Raja Sisingamangaraja dengan bersepeda sejauh 10 km dari Kecamatan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara sebagai bagian dari tur Geo Bike Caldera Toba. Setiba di lokasi,  Gatot disambut tokoh masyarakat dan Bupati Humbanghasundutan. Sebagaimana adat setempat, Gubernur diulosi oleh tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu, Gubernur memberikan bantuan Rp 50 juta untuk perawatan Kompleks Istana.

Bupati Humbanghasundutan Maddin Sihombing mengungkapkan Bakkara menjadi daerah  tujuan wisata utama di Humbang Hasundutan. Pria berkacamata ini menyambut gembira kunjungan Gubernur yang didampingi jajarannya diantaranya Staf Ahli Gubsu Aspan Sofian dan Robertson,  Kepala Dinas Pariwisata Elisa Marbun, Kepala Dinas Kehutanan Halen Purba, Kepala Badan Ketahanan Pangan Suyono, Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Parmohonan Lubis, Kepala Biro Perlangkapan Setdaprovsu Syafruddin.

Makam Sisingamangaraja XII berjarak 300 km dari Medan dengan jarak tempuh 6 jam berkendara mobil atau bisa dicapai dengan pesawat kecil rute Medan-Silangit. Di kompleks Istana tersebut terdapat makam SIsingamangaraja XII berupa bangunan persegi dengan ornamen ukira di atasnya.
Pada suisi depan dilukis degan bendera kerjaaan yang berwarna merah dan simbol 2 pedang dengan bulan bintang di kanan kirinya. Di kompleks terdapat pula empat bangunan rumah batak kuno yang merupakan replika dari banguanan istana terdahulunya. banggunan istana asli telah dibumihanguskan saat perang melawan Belanda (1877-1907).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubsu Ziarahi Makam Sisingamangaraja XII"

Post a Comment