BK3S Sumut Canangkan Gerakan Minum Susu Segar


pksmedan.com-Sumut-Canangkan-Gerakan-Minum-Susu
MEDAN (10/3) – Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Sumatera Utara (Sumut) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumut mencanangkan gerakan minum susu segar. Pencanangan yang juga dalam rangka menyambut hari jadi Sumut ke 67 ini berlangsung di kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Jumat (10/4) di Jalan Gatot Subroto Medan.

Pada acara itu hadir Ketua BK3S Sumut, Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho didampingi Ketua Harian BK3S Sumut Junadi Parapat, juga tuan rumah Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Sumatera Utara Permohonan Lubis.

Dalam kesempatan tersebut Sutias mengajak para siswa sekolah dasar yang hadir untuk memilih susu sebagai jajan sehat dibandingkan jajan yang mengandung zat kimia dan bahan pengawet.
"Alangkah baiknya kalau anak-anak bisa memilih makan dan minuman sehat untuk jajan dibandingkan makanan yang tidak sehat dan berbahan pengawet," ujar istri Gubernur Sumut tersebut.

Sutias juga memberi masukan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut, untuk mengikutsertakan orang tua pada program pencanangan minum susu. Tujuannya antara lain agar orang tua bisa menyisikan uang untuk memenuhi kebutuhan protein seperti susu.

Lebih lanjut Sutias juga berharap kegiatan minum susu ini tidak hanya dicanangkan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumut, namun dapat dilakukan secara periodik setiap bulan di sejumlah sekolah.

"Saya berharap kegiatan minum susu ini tidak hanya dicanangkan saat HUT Sumut saja, tapi bisa rutin setiap bulan, agar anak-anak yang kurang mampu bisa meminum susu. Karena anak usia sekolah khususnya SD merupakan masa pertumbuhan dan ini sangat membutuhkan asupan protein, baik itu susu maupun telur untuk meningkatkan kecerdasan," terang Sutias.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Sumut, Permohonan Lubis menjelaskan pencanangan minum susu tingkat Sumut ini merupakan rangkaian sumbangsih Dinas Peternakan Sumut pada perayaan HUT Sumut ke 67. Sebelumnya telah ada Roadshow ke enam kabupaten/kota yang dipimpin Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho sekaligus diserahkannya bantuan susu dan telur ayam kepada Panti  Asuhan dan Panti Jompo. 

Pemohonan juga menyampaikan bahwa produksi susu kambing di 5 kabupaten/kota mengalami tren peningkatan 500 liter perhari.

"Produksi susu kambing di 5 daerah Deli Serdang, Langkat, Binjai , Tanah Karo, dan Tebing Tinggi mengalami tren meningkat. Kita mengajak pencanangkan penting minum susu sebagai peningkatan protein anak di masa pertumbuhan dan juga pemulihan kesehatan," papar Permohonan.

Untuk kedepan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut terus mensosialisasi meminum susu segar sebagai sumber Protein dan kebutuhan lainnya. Pencanagan minum susu tersebut mengundang 200 orang pelajar tingkat sekolah dasar dari  4 sekolah terdiri  Panca Budi,  Amal Luhur, Dwi warna, dan Al Wasliyah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BK3S Sumut Canangkan Gerakan Minum Susu Segar"

Post a Comment