Gubernur Sumatera Barat : Akan dibangun 31 Infrastruktur di Padang Pariaman


Gubernur-Sumatera-Barat-Padang-Pariaman
PARIAMAN (26/3) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan dari 65 kegiatan pembangunan di bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), 31 program dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Hal tersebut merupakan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur PSDA di daerah yang membutuhkan.

"Jumlah itu (65 program), hampir separoh kegiatan PSDA berada di Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat dan marilah bersama-sama menjaga dan memanfaatkan pembangunan tersebut," kata Irwan saat meresmikan 31 kegiatan pembangunan PSDA di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Rabu (25/3).

Pembangunan senilai Rp449,2 miliar terdiri dari program ketahanan pangan, pengendalian banjir, dan konservasi. Peresmian dilakukan secara simbolis pada pembangunan Bendungan Irigasi Ujuang Gunuang, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Padang Pariaman. Hadir pada kesempatan itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Kepala Dinas PSDA Sumbar Ali Musri, Ketua DPRD Padang Pariaman, dan Kapolres Padang Pariaman.

Irwan mengungkapkan banyak kegiatan pembangunan di Padang Pariaman tidak terlepas dari aktifnya pemerintah daerah dalam membebaskan lahan untuk pembangunan. Karena selama ini lahan yang sulit dibebaskan masih menjadi kendala terbesar dalam pembangunan. Sehingga anggaran yang sudah disediakan untuk pembangunan seringkali tidak dapat berjalan.

"Jadi kita memberikan jatah pembangunan ini bukan pilih kasih. Pertama, memang letak posisinya strategis didukung oleh infrastruktur lainnya. Namun yang paling penting, lahan untuk pembangunan itu tersedia. Sementara di Padang Pariaman, lahan dijamin oleh pemerintah daerah. Bupatinya mampu meyakinkan saya untuk itu," tegasnya.

Selain pembangunan PSDA, lanjut Irwan, Pemda Padang Pariaman telah banyak merealisasikan berbagai program. Diantaranya pembangunan Islamic Center, stasiun kereta api di Bandara Internasional Minangkabau, rel kereta Duku-BIM, pembangunan jalan pesisir pantai Barat (wingrip) Pariaman-Tiku, stadion utama di Sikabu, Sekolah MAN Cendikia, Sekolah Pelayaran, dan Kota Industri.

"Semua itu adalah infrastruktur pendukung pembangunan ekonomi di Sumbar, itu khusus di Padang Pariaman saja, sedangkan di daerah lainnya juga banyak. Namun di Padang Pariaman paling banyak. Untuk itu, masih banyak yang akan dibangun lagi, karena Padang Pariaman dialiri oleh 276 sungai dan anak sungai, serta 424 daerah irigasi dengan luas 26.649 hektar juga memiliki 42 Km garis pantai," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PSDA Sumbar Ali Musri menjelaskan kegiatan pembangunan PSDA di Padang Pariaman terdiri dari 31 paket dengan total anggaran Rp449,2 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBN (Rp348,6 miliar) dan dari APBD Sumbar (Rp100,6 miliar). Kegiatan pembangunan tersebut antara lain berupa 14 paket penunjang ketahanan pangan (irigasi), serta 17 paket pengendalian banjir dan konservasi.

"Ini tidak lepas dari perjuangan Gubernur Irwan Prayitno dalam mencari anggaran, sehingga sejumlah pembangunan dapat berjalan. Kami juga berterima kasih pada masyarakat yang menyukseskan pembangunan ini," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Padang Pariaman Ali Mukni juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas perhatian yang diberikan terhadap pembangunan di wilayahnya. Pemkab dan masyarakat Padang Pariaman pun memberikan tanda ucapan terima kasih berupa piagam kepada Gubernur Irwan.

“Atas nama Pemerintah Padang Pariaman dan masyarakat Padang Pariaman bersyukur dengan pembangunan ini. Mudah-mudahan perhatian ini akan terus berlanjut kedepannya. Karena ini bukti nyata perhatian dari provinsi," tutupnya.

Sumber: Humas Pemprov Sumatera Barat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubernur Sumatera Barat : Akan dibangun 31 Infrastruktur di Padang Pariaman"

Post a Comment