Dukung Penuh Koperasi, Gubernur Aher Terima Bintang Jasa Utama

Dukung Penuh Koperasi, Gubernur Aher Terima Bintang Jasa Utama
PKSMEDAN.comGubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher) mendapatkan anugerah Tanda Kehormatan RI Bintang Jasa Utama dari Presiden RI Joko Widodo. Aher menerima apresiasi atas kerja kerasnya dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM di Jawa Barat. 


“Koperasi dan UMKM merupakan soko guru perekonomian, Indonesia pada umumnya, maupun Jawa Barat pada khususnya,” kata Aher usai menerima anugerah dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/8).

Gubernur yang senantiasa mendorong Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) untuk terus tumbuh dan berkembang itu menilai koperasi berperan penting dalam pemerataan kesejahteraan pembangunan di Jabar.

“Dalam pengambilan kebijakan, kami memperhatikan koperasi dan UMKM. Ini sesuai misi kedua Jabar yakni membangun perekonomian yang kokoh dan berkeadilan, untuk bidang koperasi dan UMKM melalui strategi meningkatkan daya saing koperasi dan UMKM,” jelasnya.

Aher mengungkapkan pihaknya berusaha meningkatkan fasilitas pembiayaan koperasi dan UMKM. Salah satunya dengan memberikan kredit bergulir Pemprov Jabar melalui PT Bank BJB atau dikenal dengan Kredit Cinta Rakyat (KCR) dan pendirian PT Jamkrida (Penjaminan Kredit Daerah) Provinsi Jabar.

“Kami akan terus bekerja keras menciptakan 100.000 wirausahawan baru. Untuk menyukseskan program ini, tidak tanggung-tanggung 11 OPD dilibatkan. Harapannya, pada 2018 terlahir wirausahawan baru yang mampu menyerap dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Koperasi di Jawa Barat, lanjut Aher, diharapkan menjadi koperasi besar dan mampu mendunia. Pemprov Jabar, melalui Dinas Koperasi dan UMKM, telah menyelenggarakan program pengembangan Koperasi Skala Besar menjadi Koperasi Kelas Dunia (KSBKKD) sejak akhir 2013.

“Program KSBKKD diikuti 260 koperasi dari 26 kabupaten/ kota se-Jabar. Dari hasil penilaian terpetakan 100 koperasi skala besar dan 52 koperasi percontohan. Pada 2014, dari 100 itu lahirlah 4 koperasi  yakni Koperasi Karyawan Pindo Deli (Kab. Karawang), Koperasi Karyawan PT Indocement (Kab. Bogor), KPSBU (Kab. Bandung Barat), KPL Mina Sumitra (Kab. Indramayu),” paparnya.

Aher juga menggagas pendirian Koperasi Praja Sejahtera Jabar dengan anggota seluruh PNS dan pensiunan PNS di lingkungan Pemprov Jawa Barat. Saat ini jumlah anggota Koperasi Praja Sejahtera telah mencapai 14.000 orang.

“Rencananya koperasi ini akan diresmikan pada 18 Agsutus 2015 dan mampu menjadi koperasi skala besar di Jawa Barat,” pungkasnya.

Keterangan Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kanan) menerima ucapan selamat dari Presiden RI Joko Widodo (kiri) atas anugerah Tanda Kehormatan RI Bintang Jasa Utama di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/8).
 

Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dukung Penuh Koperasi, Gubernur Aher Terima Bintang Jasa Utama"

Posting Komentar