Komisi C Minta PD Pembangunan Serius Benahi KBM

Komisi-C-Medan-Benahi-KBM
Medan - Komisi C DPRD Medan mendorong pihak Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan serius membuat terobosan baru terkait peningkatan kemajuan Kebun Binatang Medan/Medan Zoo (KBM) seperti menambah wahana permainan yang beredukasi sehingga kaya aktivitas.
Hal itu dikemukakan Komisi C DPRD Medan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke KBM/Medan Zoo, Rabu (25/2).

Kunjungan ini dipimpin Ketua Komisi C DPRD Medan Salman Alfarisi didampingi Wakil Ketua Komisi Drs Godfried Effendi Lubis, anggota Boydo HK Panjaitan, Rajudin Sagala, T Eswin dan Zulkifli Lubis yang diterima langsung Dirut PD Pembangunan Putrama Al Khairi dan Kepala Unit KBM Zainal Akbar Nasution.

Ketua Komisi C Salman Alfarisi dalam pertemuan itu mengharapkan PD Pembangunan menyiapkan perecanaan pembenahan KBM ini untuk lima tahun ke depan.
Penasehat Fraksi PKS itu melihat potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar bagi Kota Medan dari KBM ini jika dikelola dengan baik.

Hal senada juga diutarakan Wakil Ketua Komisi C Godfried Lubis yang menyatakan KBM ini memiliki potensi PAD yang besar bagi Pemko Medan bila mengingat KBM ini satu satunya KBM terbesar di Sumut setelah Kebun Binatang Siantar dengan memiliki area terluas berkisar 30 hektar lebih.

Dikatakannya, seharusnya ke depan pihak PD Pembangunan telah melakukan kajian dan strategi khusus membenahi KBM sehingga dapat menarik minat pengunjung. Bertambahnya jumlah pengunjung dipastikan akan menambah penerimaan dari penghasilan.

Penyertaan Modal

Untuk itu paparnya, manajamen PD Pembangunan harus menjajaki kerjasama dengan pihak investor dan penyertaan modal sehingga wahana permainan dan fasilitas pendukung dapat tersedia.
Selain itu, perlu digelar kegiatan event berupa perlombaan khususnya hari raya besar.

Godfried yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra juga menyampaikan masukan agar dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung dapat juga didirikan rumah souvenir khas UKM Kota Medan serta koleksi miniature binatang serta mendirikan pusat jajanan dan selera (pujasera).

Sedangkan anggota Komisi C dari Fraksi PDIP Boydo HK Panjaitan meminta PD Pembangunan agar menyampaikan proposal penyertaan modal dari Pemko Medan yang nantinya akan didorong dalam P APBD 2015 mendatang.

Pengajuan penyertaan modal ini, ungkap Boydo kemungkinan besar bisa diberikan Pemko Medan dari PAPBD sebab terjadi efisiensi anggaran Pilkada Medan 2015 yang semula dianggarkan untuk dua putarakan.

“Dengan penyertaan modal ini kami berharap KBM ini bisa berkembang dengan pengelolaan dilakukan maksimal dan professional,” tukasnya .

Promosi

Sedangkan anggota Komisi C DPRD Medan dari Fraksi PPP Zulkifli Lubis mengusulkan agar pihak KMB memperbanyak promosi ke instansi terkait dan dunia pendidikan sehingga pihak sekolah dan Dinas Pendidikan dapat mendukung sosialisasi sekaligus menambah pengetahuan bagi pihak sekolah.
Sebelumnya Dirut PD Pembangunan Putrama Alkhairi menyampaikan, KBM memiliki jumlah satwa sekitar 157 spesis dengan luas lahan sekitar 20 Ha. Diakuinya, pengelolaan belum maksimal karena keterbatasan modal.

Istimewanya lagi dari 400 ekor spesis Harimau Sumatera yang tersebar di Pulau Sumatera 12 ekor di antaranya dirawat di kebun binatang ini.

Terkait tawaran Komisi C DPRD Medan untu melakukan kerjasama dengan investor dengan penyertaan modal sangat setuju.

“Kita berharap dukungan DPRD Medan supaya KBM Medan dapat menjadi salah satu ikon di Kota Medan,” tukas Putrama.  

Sumber : Analisa/aru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komisi C Minta PD Pembangunan Serius Benahi KBM"

Post a Comment